12
Borobudur Cultural Feast sonjo kampung

SONJO KAMPUNG 3 PEMANTAPAN BCF 2016

Pada hari  Rabu, 7 Desember 2016 dilaksanakan Sonjo kampung ketiga. Dalam Sonjo kampung kali ini, Tim Sonjo Kampung, Tim Pemrakarsa dan Tim Bakti Budaya Borobudur bertemu Bapak Camat Borobudur, Nanda C. Pribadi dan para pemuka masyarakat yaitu: 20 Kades se-Kecamatan Borobudur serta para penggerak budaya warga.

sonjokampung1a

Pertemuan diwarnai dengan suasana gegap gempita penuh jiwa dan semangat gotong royong mewujudkan gelaran acara Borobudur Cultural Feast, 17-18 Desember 2016. Warga menyatu dalam satu gerak, satu langkah, satu tujuan untuk mewujudkan: BOROBUDUR MONCER! Tujuan dari BCF 2016 memang untuk mengajak warga Borobudur baik secara mandiri maupun saling bergotong royong, membangun benteng budaya, menjaga Borobudur sebagai perpustakaan ilmu pengetahuan perabadan dunia dan memulai gerak inovatif kreatif produktif  .

sonjokampung1d

Berbagai proses persiapan maupun pelaksanaan rangkaian acara BCF 2016 yaitu: Lomba Lampion Gantung & Lomba Bregodo Prajurit Desa se-Kecamatan Borobudur, tampilan seni budaya desa  di Panggung Seni Desa 4 titik, semua telah dipersiapkan dengan semangat yang bergolak menggeliat untuk menggapai sukses. Hal ini menunjukkan kemeriahan gotong royong benar-benar menyeruak ke seluruh relung warga dusun Borobudur.

Bapak Nanda C. Pribadi sang Camat Borobudur tiada henti berbagi energi semangat. dalam pertemuan ini juga disampaikan bahwa tim bakti Budaya dan Tim Sound Of Borobudur telah berhasil membaut replika dawai kuno yang serupa dengan relief karmawibangga Candi Borobudur. Maka pada pertemuan kali ini disemarakkan dengan penampilan para pemusik Sound Of Borobudur yang bernyanyi dengan dawai Borobudur. Bahkan Camat Borobudur turut memainkan alat musik Dawai Karmawibhangga 1.

sonjokampung1

 

Rangkaian program BCF 2016 memang memang bukan dari ‘atas’ ke ‘bawah’ tetapi justru kekuatan jiwa budaya dari ‘bawah’ yang menggumpal menyatu bangkit berdiri dan bergerak berlari. Bak sang pertapa mengakhiri masa pertapaannya di dalam goa.

sonjokampung1b

Dalam mempersiapkan BCF 2016 Para Pembakti Budaya Borobudur dan Tim Jaringan Kampung Nusantara sungguh tekun, ikhlas, tulus serta penuh kesabaran menemani proses kebangkitan Borobudur Moncer ini selama kurang lebih 3 bulan. Borobudur sebagai Taman Sari Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Dunia sudah terlalu lama ditunggu oleh masyarakat dunia. Mereka semua ingin hadir dan ada di Borobudur untuk belajar, belajar dan belajar dari masyarakat Borobudur. Belajar banyak hal tentang segala ilmu pengetahuan kehidupan yang diwariskan oleh para leluhur pembangun Candi Borobudur sejak 1300 tahun yang lalu.

sonjokampung1c

Sungguh apresiasi tinggi atas kiprah PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko yang bersama Sinergi BUMN Hadir untuk Negeri sebagai pendukung penuh atas terselenggaranya BCF 2016. Program ini adalah sebuah program yang baru pertama kalinya digerakkan di komunitas warga Desa Borobudur dan telah memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar Borobudur yang tampak dari semangat, keriangan, senyuman, kebahagiaan di wajah warga Borobudur yang hadir dalam Sonjo kampung ini. Tak hanya itu, semua juga menyingsingkan lengan baju, saling berbagi, saling menyapa, saling membantu, dan saling belajar. Oooh indahnya Gotong Royong di Borobudur yang Dahsyat!

Hari Raya Kebudayaan Borobudur atau BCF 2016 akan segera kita jelang. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa memberikan rahmat serta karunia untuk kesuksesan acara ini. Amin. (KRMT Indro Kimpling Suseno )