Borobudur Cultural Feast

TUAN RUMAH BCF BERSIAP DIRI

Desember segera menjelang yang berarti Borobudur Cultural Feast atau Hari Raya Kebudayaan Borobudur pun semakin dekat. para pembakti budaya sudah mulai melakukan berbagai persiapan untuk acara yang menggembirakan ini. beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka persiapan BCF adalah sebagai berikut:

img-20161127-wa0067

PEMBENTUKAN TIM AMONG TAMU

Sebagai tuan rumah desa-desa sekitar Borobudur juga mempersiapkan diri dengan menggerakkan para pemudi penggiat budaya untuk berpartisipasi mewakili tuan rumah sebagai among tamu (penerima tamu). Maka pada Minggu, 27 November 16 pukul 14.30 di Warkop Ngaran Borobudur dilakukan pembentukan tim among tamu Puncak Peringatan Hari Raya Kebudayaan Borobudur 17 Desember 16 di Lapangan Lumbini. Para among tamu yang merupakan para pemudi asli Borobudur mengikuti briefing dan seleksi yang dilaksanakan para pembakti budaya yaitu Bapak Joni & Madyo.

img-20161127-wa0069

PERSIAPAN PANGGUNG DESA-DESA BOROBUDUR

Tak hanya pagelaran yang dilaksanakan di lapangan Lumbini, persiapan untuk panggung seni budaya di desa-desa Borobudur pun menjadi perhatian. Pada Minggu, 27 November 16 di Stupa Resto Plataran Hotel Borobudur dilaksanakan koordinasi teknis teknis panggung Seni Budaya yang rencananya akan berlokasi di: Timur Lapangan Pondok Tingal, Lapangan Tuk Songo, Lapangan Wonotigo Kembanglimus & Desa Sodongan Bumiharjo.

Koordinasi ini dilaksanakan oleh pemrakarsa Hari Raya Kebudayaan Borobudur, KRMT Indro Kimpling Suseno bersama tim Bakti Budaya Borobudur: Madyo, Jack Pri, Muna, Abbet, Umar, Hatta dan tim operasional Bayu & Candra.

Pembahasan juga meliputi tema program masing masing desa, sajian seni budaya lokal cukup terkoordinir, melibatkan tampilan siswa SD/SMP, lomba-lomba, atraksi menampilkan kepala desa masing-masing, tampilan stand kuliner/produk potensi desa dengan tampilan khas desa. Hasil pembahasan memperlihatkan Persiapan teknis ini cukup matang dan keterlibatan 5 desa cukup optimal.

img-20161127-wa0071

DUKUNGAN LAPANGAN PONDOK TINGGAL UNTUK BCF

Banyak pihak yang antusias ikut serta mendukung kesuksesan BCF salah satunya datang dari Mbak Ninik, pemilik Lapangan Pondok Tingal, yang berkenan  meminjamkan lapangan secara gratis, serta mengijinkan pendopo Pondok Tingal sebagai tempat penyelenggaraan lomba menggambar. Mbak Ninik juga  akan memberikan support pengisi acara panggung seni dari binaannya  dan mendukung penuh program Hari Raya Kebudayaan Borobudur (27/11/16).

img-20161127-wa0072

KEPALA DESA KARANGREJO TURUT DUKUNG BCF

Kepala Desa Karangrejo, Hely Rofikum, juga dengan antusias menyambut dan mendukung terselenggaranya BCF. Pada pertemuan Minggu, 27 November 2016 pukul 20.30 di warkop Ngaran Borobudur, Hely Rofikun menyatakan ia bersedia menyediakan kediamannya sebagai tempat pelaksanaan Sonjo Kampung yang masih menyisakan 2 kali pelaksanaan program lagi. Sonjo Kampung selanjutnya yaitu gelombang ke-3 yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 7 Desember 2016 yang akan datang akan mengundang 10 kepala desa, perangkat desa, serta aktivis yang akan terlibat dalam program Panggung Seni Budaya Desa Borobudur